Kalimat Utama 2

Monday 26 December 2011


Buat Paragraf Dengan Mengandung Kalimat Di Bawah Ini. Masing-Masing 1 Paragraf :

1). Sastra daerah sangat erat hubungannya dengan sastra nasional.

2). Adanya sesama manusia dan prinsip kemanusiaan membuat kita melihat

     aspek fundamental lain, bahwa manusia itu makhluk sosial.
3). Sebagai manusia kita perlu belajar dari pengalaman-pengalaman orang
     lain.
4). Cinta kasih yang sejati meminta korban.
5). Tambahan penduduk yang melebihi tambahan produksi dapat
     menyebabkan tingkat kemakmuran menjadi berkurang.


Sastra daerah sangat erat hubungannya dengan sastra nasional, sastra darerah merupakan sastra yang berasal dari daerah yang berbahasa daerah.
Hubungan antara sastra daerah dengan sastra nasional adalah bahasa daerah merupakan kekayaan nasional yang dimiliki negara. Dan itu menjadi aset yang sangat berharga bagi sastra nasional.

Adanya sesama manusia dan prinsip kemanusiaan membuat kita melihat aspek fundamental lain, bahwa manusia itu makhluk sosial. Manusia tidak dapat hidup sendiri. Tanpa manusia lain, akan tentu sangat sulit menjalani hidup. Maka dari itu, manusia membutuhkan satu sama lain untuk hidup. Bekerja, berkomunikasi, mempunyai keturunan, dll.

Sebagai manusia kita perlu belajar dari pengalaman-pengalaman orang lain. Kita berinteraksi satu dengan lainnya dalam hal pertemanan, pendidikan, pekerjaan, hidup, dll. Kita sering melihat banyak kesalahan di media masa yang cukup banyak dalam hidup kita. Karena dengan belajar dari kesalahan orang lain, kita akan dapat melakukan suatu hal lebih baik dari orang lain tanpa mengulangi kesalahan tersebut dan untuk menghindari dampak negatif yang akan ditimbulkan dari kesalahan tersebut.

Cinta kasih yang sejati meminta korban. Mungkin pepatah cinta itu buta memang ada. Banyak dari kita membaca berita di koran ataupun tv banyak peristiwa bunuh diri hanya karena berpisah dari orang yang disayanginya. Itu sangat tidak masuk akal. Hidup tidak akan berakhir hanya karena kehilangan orang yang disayangi. Karena setiap orang juga pasti ditinggal oleh orang terdekatnya (mati). Cukup nikmati saja apa yang ada, tidak perlu bunuh diri. Karena suatu saat nanti, kita semua pasti mati.

Tambahan penduduk yang melebihi tambahan produksi dapat menyebabkan tingkat kemakmuran menjadi berkurang. Aspek-aspek yang menjadi penyebab tingkat kemakmuran menjadi berkurang adalah kurangnya sosialisasi keluarga berencana kepada (KB) masyarakat menengah kebawah, perpindahan penduduk dari desa ke kota. Hal-hal tersebut mengakibatkan banyak kerugian bagi diri mereka sendiri juga orang lain. Dengan membengkaknya jumlah penduduk akan berpengaruh terhadap ketidak cukupan lapangan pekerjaan, tindak kriminalitas yang meningkat, lahan tempat tinggal yang semakin sempit, kelaparan, banjir, kemacetan, dll.

0 comments:

Post a Comment