Pandji Pragiwaksono - 32

Monday 25 June 2012

Pandji Pragiwaksono

Merupakan pria kelahiran Singapura, 18 Juni 33 tahun lalu. Ia adalah seorang komedian, penyiar radio, presenter, penulis buku dan juga rapper. :-) Dia terkenal melalui acara "Kena Deh" di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia pada tahun 2006 - 2007. Namun namanya mencuat setelah acara itu ditayangkan kembali pada tahun 2008. Sebenarnya tidak cuma itu yang membuat dia terkenal. Dia itu penyiar radio Hard Rock FM Jakarta dari tahun 2004, secara pribadi, saya mengenal sosok Pandji saat menyiarkan acara radio tersebut.

Saya sangat tertarik dengan Pandji (maaf, tertarik sebagai inspirer loh, saya bukan gay) saat memandu acara Provocative Proactive. Sepertinya baru ada anak muda yang menggunakan metode yang berbeda (dari metode yang selalu sama tahun 60-an) yang memberikan aspirasi agak 'pedas' terhadap keadaan Indonesia tanpa menggunakan suatu hal yang bikin macet di jalan. Tapi sayangnya, acara itu 'kelar'. (penulis turut berduka).

Tapi, tulisan ini bukan tentang hal lain tentang Pandji, melainkan sisi musikalitas yang dia punya. Dulu kita punya musisi rap/hip-hop macam Neo, T-Five, Denada, Iwa K, dll. Namun sekarang, 'gak ada la yaw'. Memang genre musik tersebut bukan budaya negara kita, namun bagi saya pribadi, musik tidak dinilai dari mana musik itu berasal, melainkan makna, instrumen, porsi dan untuk siapa musik itu ditujukan. Memang Iwa K masih ada, tapi peminatnya sepi. Dibanding musik-musik yang muncul di acara tv pagi hari. Agaknya sedikit bahkan sangat membosankan. Pandji memunculkan kembali genre musik yang sempat ditinggalkan di Indonesia. Easy listening dan keren. Dua hal itu yang saya dapat ketika mendengarkan musik-musiknya Pandji. Musiknya mempunyai banyak makna, tidak hanya seperti musik sekarang yang melow-melow (a.k.a lagu cengeng). Musiknya merupakan aspirasi anak muda terhadap negeri ini, cinta seorang ayah terhadap keluarganya, cinta tentang anak terhadap bapaknya, kritikan kinerja negara saat ini, dll. Yang jelas, 'lo harus dengerin musiknya Pandji Pragiwaksono!'.

Album :
- Provocative Proactive
- You'll Never Know When Someone Comes In And Press Play On Your Paused Life
- Merdesa
- 32

Ups, sampai lupa. Saya akan membagikan beberapa musik dari album terakhirnya yang belum sepenuhnya release secara gratis. Eits, bukan berarti saya pembajak loh. 3 album Pandji sebelumnya saya beli original kok. Tapi 4 lagu di album barunya Pandji dapat di unduh secara gratis. Mulai dari bulan 21 Mei sampai 21 Oktober 2012, akan ada 2 lagu baru dari album 32 pada tanggal 21 tiap bulannya. GRATISSS!

http://www.pandji.com/32/

0 comments:

Post a Comment